Jalan Tol Bikin Bus Travel Makin Gas Pol

  • Whatsapp
Bus Travel

BAGI warga Lampung maupun Jakarta, hilir mudik kedua daerah ini seperti halnya pergi ke rumah tetangga. Pagi pergi malam pulang.

Pergerakan manusia makin cepat seiring beroperasinya jalan tol Sumatera, khususnya mulai dari bibir pelabuhan Baukehni membelah wilayah Lampung.

Menggunakan kendaraan sendiri dari Jakarta, perjalanan menuju Lampung sekarang ini bisa ditempuh dalam waktu 4-an jam sampai di wilayah Bandarlampung. Rinciannya, Jakarta-Merak 1 jam, Merak-Bakauheni 1 jam (kapal ekspres), dan Bakauheni-Bandarlampung (pintul tol Kotabaru) 1 jam. Ditambah waktu molor 1 jam.

Penghematan waktu ini membuat banyak pengusaha tertarik membuka usaha bisnis bus travel Lampung-Jakarta dan sebaliknya. Mereka mengoperasikan bus berkapasitas 10-an penumpang dengan tarif Rp300-350-an ribu sudah dijemput dan diantar sampai rumah tujuannya.

Dalam 24 jam, satu unit bus travel bisa bolak-balik Lampung-Jakarta. Bila dari Lampung berangkat pagi menuju Jakarta maka malamnya bus akan kembali dari Jakarta menuju Lampung. Begitulah setiap hari para sopir bus travel bergerak dan meng-gas pol kendaraannya.

“Saya bawa mobil pagi dari Jakarta ke Lampung, malam harinya balik lagi ke Jakarta,” ujar seorang pengemudi bus travel yang baru sebulan bekerja ini.

Bagi penumpang, naik bus travel ada suka dan dukanya. Sukanya adalah mereka dijemput dan diantar sampai tujuan. Sedangkan dukannya adalah bisa sampai di tujuan tengah malam, karena bus harus berputar-putar mengantar satu demi satu penumapngnya ke sudut-sudut kota.

“Kalau di Lampung sih gak terlalu masalah, tapi kalau di Jakarta bisa kerok Mas. Soalnya lalu lintas dan jalan di Jakarta ruwet dan macet,” ujar Dedi (46 tahun) penumpang.

Penumpang bus travel yang berangkat dari rumahnya di Lampung tujuan Tanjungpriuk, Jakarta Utara bisa dibuat “mabuk” bila dia kebagian penumpang paling akhir. Bila berangkat dari Lampung pukul 10.00 WIB, dia bisa-bisa sampai di Tanjungpriuk pukul 23.00 WIB. 13 jam lamanya!

Meski lama di perjalanan bus travel, tetapi banyak juga penumpang yang mendapat kenangan manis. Ada yang mendapat teman bisnis baru, ada juga yang mendapat info tempat berobat alternatif, sampai ada juga yang mendapat pacar!

Jalan tol memang bikin bisnis bus travel makin gas pol, penumpangnya juga makin ramai. ***

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *