MK Pastikan Uji Materi UU Cipta Kerja Sesuai Hukum yang Berlaku

  • Whatsapp
Mahkamah Konstitusi

JAKARTA – Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono menegaskan, institusinya akan memproses uji materi Undang-undang (UU) Cipta Kerja yang diajukan oleh organisasi buruh sesuai prosedur dan hukum acara yang berlaku.

“Kapanpun, insyaallah MK siap memroses sesuai ketentuan, prosedur, dan hukum acara yang berlaku,” kata Fajar, Sabtu (10/10/2020).

Bacaan Lainnya

Fajar mengatakan prosedur pengajuan uji materi ini sama seperti prosedur gugatan lainnya, bahkan bisa dilaksanakan melalui online.

“Isinya uraian mengenai objek permohonan yang diuji, mengapa itu diuji, kerugian konstitusionalnya apa, apa yang diminta ke MK,” ujarnya.

Ketika berkas sudah dinyatakan lengkap, katanya, permohonan akan disidangkan paling lama 14 hari. Sidang itu meliputi sidang pendahuluan, pemeriksaan, hingga mendengarkan keterangan pihak termohon. Jika sudah cukup, maka MK akan memutus melalui sidang pleno terbuka.

“Mendengarkan keterangan DPR dan Presiden, pihak terkait, ahli atau saksi yang diajukan para pihak,” tambahnya.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan mengajukan gugatan terhadap UU Cipta Kerja ke MK, setelah mogok nasional dijalankan.

Selain KSPI, Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) juga mengaku akan mengajukan gugatan serupa.

“Kami juga sedang mempersiapkan gugatan judicial review ke MK,” ujar Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban. (sumber: detik.com/xta)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *